Senin, 16 Januari 2012

3ds max VS Bryce

0 komentar
3ds max, designer mana yang tidak tahu dengan software canggih ini.  Software yang cukup bagus dan memiliki banyak manfaat untuk para pembuat animasi  3 dimensi . Dengan tampilan yang menarik , membuat software ini semakin dicintai dan dikenal oleh orang banyak . 3ds max hanya dapat beroperasi dengan system operasi Windows.
3ds max memiliki feature yang begitu banyak dan fungsi  spesifiknya . diantaranya :


1.       Feature untuk membuat objek kain atau baju. Features yang digunakan adalah Cloth Simulation. Dengan feature ini kita dapat membuat kain atau baju dengan lebih natural dan realistic, menyerupai dengan sifat baju/kain seperti dalam kondisi real/nyata
2.      Feature untuk membuat cahaya yang realistic. Cahaya yang tampak realistic adalah cahaya yang memantul dan menyebar kesegala arah, sesuai dengan arah pantulan objeknya. Feature yang dipakai adalah Global Illumination dengan beragam teknik, seperti Light Tracer, Radiosity atau MentalRay

Dan feature lain seperti  :
·        
Feature untuk membuat Animasi dynamics. Membuat benda lunak (soft), kain (cloth(, tali (rope), dan lainnya

·         Feature untuk membuat objek-objek liquid/cairan. Aplikasinya banyak ditujukan untuk membuat environment, seperti environment (panorama) di sungai, laut, kolam, dan lain-lain.



Software Bryce seperti halnya dengan 3ds max , Bryce memiliki fungsi untuk membuat object 3 dimensi dan animasi 3 dimensi. Bryce memiliki kemampuan untuk membuat simulasi efek panorama lingkungan yang realistik. Dengan Bryce, bisa membuat benda-benda alam sehari-hari kita lihat, semisal gunung, laut, sungai, air terjun, pelangi, bintang, bulan, matahari, kabut, tanah, gurun, planet, galaksi dan banyak penerapan lainnya. Bryce juga memanfaatkan penerapan material dan tekstur pada berbagai objek yang ada semisal gunung salju, gunung batu cadas, gunung merapi, gurun pasir, gelas, air, batu, asap dan lain-lain.


Kelebihan dari Bryce…
1.  Mampu membuat objek tiga dimensi dan bisa dimodifikasi, misalnya Water Plane, Cloud Plane, Ground Plane, Terrain, Tree, Stone, Symmetrical Lattice, Metaball Sphere, Torus, Cylinder, Cube, Pyramid, dan Cone.
2.  Mampu memberikan kesan material pada objek, semisal material air, kayu, emas, gelas dan lain sebagainya.
3.  Mampu memberikan kesan cuaca, cahaya, serta efek-efek atmosfir seperti kabut, salju, bintang, matahari, bulan dan pelangi.
4.  Mampu menjalankan proses animasi pada objek, cahaya dan kamera.

software yang berfungsi untuk membuat animasi atau object 3D. Seperti halnya dengan 3ds max, keduanya sama – sama memiliki kekurangan dan kelebihannya. Perbedaan dari 3ds max dengan Bryce adalah kalau 3ds max adalah untuk operating system Windows , sedangkan Bryce untuk operating system Mac dan perbedaan tersebut menjadi kelemahan dari masing-masing software.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news